Pakmailsantarosa.com, Menjaga kesehatan tubuh memang memang prioritas utama karena dengan memiliki tubuh sehat tanpa penyakit menjadikan setiap hari menjadi lebih bertenaga di bandingkan dengan orang yang sakit.

Aktivitas sehari-hari seperti bekerja, menjaga anak dan aktivitas lainnya tidak terhambat dan menjadikan lebih semangat. Akan tetapi banyak orang yang mengabaikan kesehatan dengan tidak menerapkan pola hidup sehat.

Mengabaikan pola hidup sehat bisa membuat daya tahan tubuh kita menurun dan mudah terserang penyakit, seperti kebiasaan pola makan yang salah banyak orang melewatkan sarapan karena alasan tidak sempat atau memilih makanan instan karena waktu yang mepet, sarapan merupakan hal penting yang harus di lakukan saat pagi hari/sebelum memulai aktivitas.

Sarapan merupakan sumber tenaga untuk kita memulai aktivitas sehari-hari, jika kita melewatkan sarapan sudah terbayang bukan akan seperti apa iya badan menjadi lemas, tidak fokus, dan menjadi malas.

Selain itu memakan makanan atau minuman instan juga tidak baik untuk kesehatan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya jika di konsumsi dalam jumlah banyak dan terus menerus maka bisa berdampak buruk untuk tubuh kita.

Kali ini kita akan membahas seputar penyakit stroke, penyebab dan bagaimana mengobatinya.

Sebelum itu sebenarnya apa sih stroke itu? Stroke merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area otak.

Ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terputus, maka sel-sel otak akan mulai mati. Karena itu semakin cepat penderita ditangani, kerusakan yang terjadi semakin kecil bahkan kematian bisa dihindari.

Bagaimanakah gejala stroke ?

  • Cara bicara penderita tidak jelas atau kacau, bahkan ada juga penderita yang tidak bisa bicara sama sekali walau mereka terlihat sadar.
  • Mata dan mulut pada salah satu sisi wajah penderita akan terlihat turun.
  • Lengan si penderita mengalami kelumpuhan saat terserang stroke, karena itu mereka tidak mampu mengangkat salah satu atau bahkan kedua lengannya.

Lalu apakah penyebab dari stroke ?

  • Kamu yang berusia lebih dari 65 tahun yang terkena resiko terkena stroke , meskipun seperempat kasus stroke terjadi pada usia yang lebih muda.
  • menderita diabetes, tekanan darah tinggi atau mempunyai kolesterol yang tinggi.
  • faktor keturunan resiko kamu terkena stroke tinggi jika kamu memiliki anggota keluarga dekat yang pernah mengalami stroke.

Stroke iskemik

Stroke iskemik terjadi ketika aliran darah ke otak terhenti akibat terbentuknya gumpalan darah. Darah gampang menggumpal di pembuluh darah di mana terdapat timbunan kolesterol atau telah terjadi kerusakan pada dindingnya.

Berikut merupakan hal-hal yang berdampak buruk pada pembuluh darah sehingga dapat memicu terjadinya stroke ismetik:

  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Tingginya kadar kolesterol dalam darah.
  • Diabetes yang tidak terkontrol. Kadar gula darah yang tinggi berdampak buruk pada kesehatan dinding pembuluh darah.

Stroke hemoragik

Stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah dan menyebabkan pendarahan. Sekitar lima persen pendarahan terjadi pada permukaan otak yang dikenal sebagai pendarahan subarachnoid.

Tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama stroke hemoragik. Tekanan darah tinggi dapat melemahkan arteri di dalam otak. Beberapa yang menyebabkan stroke hemoragik:

  • Pecahnya pembuluh darah menggelembung/bengkak.
  • Trauma/cedera pada kepala

Tetapi jangan khawatir ternyata pengobatan stroke bisa dengan cara alami yaitu:

Beberapa jenis makanan ini baik dikonsumsi untuk penderita stroke.

  1. Buah apel
Buah Apel
Apel

Quercetin yang terdapat di dalam apel bermanfaat untuk meredakan inflamasi yang memicu pembuluh darah mengeras. Resiko 50 % dengan mengonsumsi sebuah apel setiap hari.

  1. Bayam
Sayur Bayam
Bayam

Kandungan asam folat pada bayam baik untuk otak. Nutrisi penting ini juga membantu perbaikan akibat kerusakan pembuluh darah yang pecah dan menyumbat di dalam otak.

  1. Kecambah
Pengobatan Stroke dengan Kecambah
Kecambah

Kecambah kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang meningkatkan sistem kekebalan.

  1. Ubi jalar
Pengobatan Stroke dengan Ubi Jalar
Ubi Jalar

Fitonutrien yang terdapat pada ubi jalar berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan perbaikan sel rusak.

  1. Bunga Mawar dan daun Dewa
Pengobatan Stroke Dengan Bunga Mawar
Bunga Mawar

Bunga mawar dapat digunakan untuk melawan stroke. Sedangkan daun dewa  mengandung saponin, flavonoid, dan minyak atsiri. Daun dewa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, mengobati luka memar, menghentikan pendarahan, dll.

  1. Daun sambiloto
Pengobatan Stroke dengan Daun Sambiloto
Daun Sambiloto

Banyak sekali manfaat dari daun sambiloto, termasuk efek muskarinik pada pembuluh darah.

Seduh 7 lembar daun sambiloto ke dalam setengah cangkir air panas. Kamu dapat meminumnya setelah menambahkan madu. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Bagaimana sudah tahu bukan efek dari tidak mau melakukan pola hidup sehat maka dari itu mulai lah pola hidup sehat untuk menghindari berbagai jenis penyakit, demikian informasi mengenai seputar stroke dan pengobatan stroke semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here