Pakmailsantarosa.com, Untuk setiap ibu hamil pasti akan merasakan khawatir yang berlebih ketika kelahiran menjelang, hal yang biasa menjadi beban pikiran adalah keselamatan nyawa bayi, nyawa ibu dan proses kelahirannya.

Biasanya para ibu hamil akan lebih khawatir dan cemas ketika dokter kandungan menyarankan untuk melakukan proses melahirkan normal, apalagi untuk ibu hamil yang melahirkan untuk pertama kalinya hal ini tentu saja dapat menjadi sesuatu yang di khawatirkan.

Untuk itu ada beberapa tips melahirkan normal untuk para ibu hamil agar dapat melalui proses ini dengan mudah dan selamat.

Saat melahirkan normal jalan keluar bayi akan meregang dan bayi akan keluar melalui jalan tersebut, namun tidak sedikit ibu yang melahirkan dan mengalami robek di bagian Perineum (Perineum adakah dinding di antara vagina dan anus).

Hal ini tentu saja normal terjadi ada yang perlu di jahit ada juga yang tidak, namun sering kali ada beberapa ibu yang melahirkan mengalami robek parah itu di karena kan pada saat proses melahirkan terjadi kesalahan.

Biasanya saat proses melahirkan sang ibu mengangkat bokongnya sehingga tidak ada penahan saat bayi akan keluar. Namun ada prosedur khusus yang mengharuskan dokter merobek bagian Perineum tersebut tujuannya untuk mempermudah proses kelahiran normal yang sering di sebut Episiotomi.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melahirkan normal yang dapat menjadi pencerahan pada ibu hamil yang memasuki waktu menjelang kelahiran.

Menjalani Pola Hidup Sehat Selama Kehamilan

Menjalani pola hidup sehat akan memberikan kesehatan kandungan dan kemudahan saat proses melahirkan, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan yang bergizi dan baik untuk kandungan.

Selain itu olahraga ringan dapat memberikan relaksasi selama kehamilan. di jaman sekarang banyak sekali kelas senam khusus ibu hamil yang bertujuan untuk menguatkan dan memberikan kesehatan pada otot-otot kewanitaan agar siap pada saat akan melahirkan.

Menjalani pola hidup sehat selama kehamilan dapat menghilangkan stres yang biasanya menjadi salah satu masalah pada ibu hamil.

Mengatur Pernapasan

Melahirkan normal sebenarnya dapat di atur dengan pernapasan, karena melahirkan normal dapat mudah di lakukan jika kita pandai mengatur pernapasan.

Umumnya perawat akan membimbing dan mengarahkan pernapasan pada saat akan melahirkan normal, ini bertujuan agar pernapasan saat akan melahirkan tidak mengalami masalah dan kendala.

Hindari Berteriak Dan Menjerit

Hindari Berteriak dan Menjerit Saat Melahirkan
Hindari Berteriak dan Menjerit

Tips melahirkan normal lainya adalah hindari berteriak atau menjerit karena hal tersebut akan menghabiskan tenaga dan akan menyebabkan kelelahan dini pada ibu yang akan melahirkan.

Tips nya adalah  mengejan bukan berteriak ubahlah teriakan tersebut menjadi tenaga dorongan yang di lakukan bersama-sama pada saat mengejan, hal ini dapat membantu mendorong bayi yang akan keluar pada saat proses melahirkan.

Menggunakan Pelumas Khusus

Kamu dapat meminta perawat atau dokter untuk memberikan pelumas khusus pada saat melahirkan, ini dapat mempermudah bayi keluar pada saat melahirkan. Selain mempermudah proses keluar bayi pada saat melahirkan, penggunaan pelumas ini dapat menghindari gesekan yang berlebih antara kulit ibu dan kulit bayi.

Melakukan Pemijatan Perineum Menjelang Kelahiran

Melakukan pemijatan ini dapat membantu meredakan ketegangan pada jaringan di sekitar vagina dan membuatnya lebih fleksibel sehingga dapat mengurangi risiko robek pada Perineum pada saat melahirkan.

Menjaga Suhu Di Sekitar Perineum Agar Tetap Hangat

Kamu dapat menempatkan kain hangat atau handuk kemudian meletakannya di sekitar  Perineum, ini bertujuan agar dapat melemaskan otot di sekitar Perineum. Kamu dapat meminta suami untuk menemani dan meletakan kain hangat di sekitar perineum hal ini bertujuan agar mencegah robeknya perineum pada saat proses melahirkan.

Makan Sebelum Melahirkan

Makan makanan yang ringan atau ngemil pada saat menjelang melahirkan dapat membantu memberikan tenaga pada saat melahirkan, cobalah untuk memakan sesuatu yang dapat menambah tenaga seperti roti, biskuit gandum atau kue yang dapat memberikan tenaga pada saat melahirkan.

Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif dan menghilangkan rasa takut dapat menghilangkan stres berlebih sebelum melahirkan, hal ini tentu sangat penting dan dapat membantu proses melahirkan. Ingatlah selalu bahwa tubuh wanita sudah sudah di rancang untuk dapat melakukan proses kelahiran normal sejak jaman dahulu.

Mintalah Suami Untuk Menemani

Mintalah Suami Menemani Saat Melahirkan
Mintalah Suami Menemani

Biasanya perawat atau dokter akan mengizinkan satu orang untuk menemani pada saat melahirkan biasanya sang suami yang akan melakukan tugas ini. Ini bertujuan agar sang ibu hamil merasa tenang berada di samping suaminya, biasanya suami akan memberikan semangat yang akan menjadikan tenaga bagi ibu hamil.

Selain itu dukungan suami dapat memberikan kesadaran penuh pada ibu hamil dan mencegah ketiduran atau pingsan saat proses melahirkan.

Nah itu dia beberapa tips melahirkan normal yang dapat menjadi panduan bagi ibu hamil yang akan segera melalui proses  persalinan normal. Jangan lupa untuk tetap memeriksa kondisi posisi bayi sebelum melahirkan, tanyalah kepada dokter ahli yang menangani kandungan ibu hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here