Pakmailsantarosa.com, Memiliki bayi yang sehat merupakan dambaan setiap orang tua, terlebih lagi peran orang tua untuk menjaga bayinya tetap sehat perlu dilakukan secara ekstra mengingat bayi masih memiliki system kekebalan tubuh yang masih kurang.

Salah satu yang sudah tak aneh pada bayi yang baru lahir yaitu penyakit kuning pada bayi, yang mungkin bagi orang tua baru menganggap hal tidak biasa atau berbahaya, namun keadaan bayi kuning ini sebenarnya normal terjadi.

Umumnya bayi yang baru lahir akan mengalami kondisi ini setelah 24 jam. Gejalanya yakni warna kulit yang berubah menjadi kuning, bagian putih mata pun juga ikut menguning. Menurut medis sendiri kondisi kuning ini memang terbilang normal dimana bayi yang baru dilahirkan memiliki organ hati yang belum berfungsi secara optimal. Akibatnya sel-sel darah merah mengalami mengalami proses penghancuran dan menghasilkan zat kuning (bilirubin).

Bilirubin pun tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh. Ini sebenarnya tugas hari untuk mengeluarkannya, namun pada bayi baru lahir fungsi hatinya belum berfungsi baik. Nah untuk itu bunda tidak perlu cemas jika bayi mengalami kuning, penyakit ini tidaklah berbahaya dan dapat menghilang dengan sendiri bisa juga dibantu dengan pengobatan tradisional yang bisa dilakukan dirumah dengan beberapa cara berikut.

penyakit kuning pada bayi baru lahir
Penyakit Kuning Pada Bayi

Berikan ASI Intens Selama 2 Minggu Pertama.

ASI memang dianjurkan untuk diberikan secara esklusif dengan jangka waktu 6 bulan namun bisa juga sampai 2 tahun untuk menjaga kekebalan imun bayi.

ASI satu-satunya sumber gizi untuk bayi yang beru lahir. Di dalam ASI ini terkandung berbagai vitamin yang baik untuk bayi salah satunya yaitu Karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. kandungan gizi paling tinggi yang yaitu kolostrum merupakan cairan berwarna kuning kental yang keluar pada saat bayi dilahirkan, maka dari itu kolostrum yang keluar harus cepat disusukan.

Menjemur Bayi Di Bawah Matahari

Nah untuk bunda yang baru melahirkan memang disarankan untuk menjemur bayi setiap pagi, cara ini juga ampuh untuk memecah bilirubin pada bayi. Vitamin D yang terdapat pada sinar matahari dikalim dapat membantu menghilangkan bilirubin dengan cepat. Akan tetapi penyakit kuning ini dibagi menjadi 2 jenis, untuk kuning fisiologis dapat disembuhkan hanya dengan melakukan menjemur dan cara-cara tradisional lainnya, akan tetapi untuk penyakit kuning patologis yang dikarenakan factor tertentu perlu penanganan dari dokter.

Waktu terbaik untuk menjemur bayi yaitu pulul 7-9 pagi. Perlu diingat jangan menjemur bayi diatas jam 9 dan waktu yang dibutuhkan hanya 30-50 menit saja. Tutuplah mata bayi dengan handuk atau bahan lainnya yang dapat melindungi mata bayi dari sinar matahari.

Bunda dapat melepaskan pakaian bayi dan tengkurapkan bertujuan agar kulit yang kuning bisa menerima cukup sinar matahari.

Berikan Cairan Yang Cukup Untuk Menghindari Dehidrasi.

Seperti yang sudah tadi dijelaskan di atas bahwa bayi baru lahir perlu mendapatkan ASI yang cukup, akan tetapi masalah yang biasanya dihadapi bunda saat awal melahirkan yaitu kesulitan mendapatkan ASI dan membutuhkan beberapa hari untuk dapat memproduksi ASI.

Biasanya dokter menganjurkan memakai susu formula untuk sementara waktu, selagi ASI belum keluar guna untuk menghindari bayi terkena dehidrasi.

Berikan ASI atau susu formula 2-3 jam sekali pada saat bayi terkena penyakit kuning jika bisa berikan setiap waktu. Perlu diingat budan jangan menyepelekannya karena lambung bayi masih kecil dan perlu di atur sesuai dengan anjuran dokter.

Nah jadi untuk para bunda yang khawatir penyakit kuning pada bayi baru lahir, sebaiknya jangan cemas cobalah untuk periksakan terlebih dahulu apakah termasuk fisiologis atau patologis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here