Pakmailsantarosa.com, Hal yang paling tidak di inginkan adalah memiliki masalah dalam kesehatan jantung, karena jantung menjadi salah satu organ penting di dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai pemompa aliran darah.

Jika kamu atau sanak saudara memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya melakukan pengobatan penyakit jantung sesuai anjuran dokter agar penyakit jantung yang di derita akan cepat sembuh.

Penyebab penyakit jantung ini beragam mulai dari kebiasaan merokok, Pola hidup yang buruk, kadar kolesterol yang tinggi, hipertensi, penyakit diabetes dan riwayat keluarga. Beberapa dari penyebab penyakit jantung tersebut ada yang dapat di cegah dan ada yang harus di obati dengan serius, biasanya penganan yang di anjurkan dokter adalah operasi jantung.

Mencegah penyakit jantung tidak terlalu sulit asal kita lebih peka terhadap penyakit ini, kebiasaan buruk dan pola hidup tidak sehat biasanya menjadi penyebab utama mengapa orang sehat dapat terkena penyakit jantung. Oleh karena itu mari kita simak cara pencegahan penyakit jantung dan cara pengobatan penyakit jantung bagi yang sudah terlanjur terkena penyakit tersebut.

Cara Mencegah Penyakit Jantung
Mencegah Penyakit Jantung

Memperbaiki Pola Hidup

Cara mencegah penyakit jantung yang tidak perlu mengeluarkan biaya dan tenaga dalah dengan cara memperbaiki pola hidup yang buruk. Hal ini dapat di lakukan jika kamu lebih peka terhadap kesehatan tubuh kamu, misalnya mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih seperti gorengan dan makanan Junk food.

Selain itu kebiasaan merokok juga menjadi penyebab utama pola hidup tidak sehat ini, karena dari sebatang rokok mengandung berbagai penyakit yang berbahaya untuk tubuh.

Selain itu jarangnya aktivitas fisik seperti olah raga menjadi  salah satu penyebab berbagai penyakit mudah datang, karena penumpukan lemak dan kalori yang tidak di keluarkan.

Sering mengonsumsi minuman bersoda dan beralkohol menjadi salah satu pola hidup yang buruk sehingga lebih baik kamu mengurangi dan menjauhi hal ini. Selain itu pola tidur dapat mempengaruhi kesehatan terutama jantung, pola tidur yang tidak teratur dapat menyebabkan jantung lebih rentan terkena penyakit.

Selain memperbaiki pola hidup mengenal penanganan medis dapat membantu kamu menangani pertolongan pertama pada penyakit jantung karena langkah penanganan medis yang tepat dapat menyelamatkan nyawa orang yang mengidap penyakit jantung.

Oleh karena itu kamu harus mengetahui langkah penanganan medis untuk penyakit jantung tersebut seperti penggunaan obat-obat khusus yang di  peruntukan untuk menangani penyakit jantung.

Berikut ini adalah jenis-jenis obat yang biasa di gunakan untuk menangani penyakit jantung yang dapat kamu ketahui gunanya.

Statin

Obat ini dapat kamu gunakan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tersimpan di dalam tubuh, cara kerjanya adalah memperlambat perkembangan penyakit jantung yang di derita.

Anti platelet

Obat ini dapat di berikan untuk orang yang mengalami penggumpalan darah dan mencairkanya sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu ada pengobatan penyakit jantung yang di khususkan untuk penderita penyakit Diabetes Dan Hipertensi, karena biasanya penyakit tersebut dapat menyebabkan terkena penyakit jantung jadi sangat penting memperhatikan hal ini.

Obat Beta Blockers

Obat ini bertujuan untuk menghambat laju denyut jantung sehingga aliran darah menjadi stabil dan lebih lancar. Hal ini dapat membuat jantung dapat mengurangi beban pekerjaannya sehingga jantung menjadi lebih sehat.

Obat Calcium Channel Blokers

Obat ini memiliki fungsi untuk melebarkan dinding pembuluh sehingga tekanan darah dapat menurun.

Obat Nitrat

Obat nitrat dapat memperlebar diameter dinding pembuluh darah sehingga dapat memperlancar aliran darah yang menuju ke jantung dan mengurangi risiko terkena Angina. Selain itu obat ini dapat menurunkan aliran darah dan dapat menghilangkan rasa nyeri di dada.

Ivbradine

Obat ini di peruntukan untuk orang yang mengidap penyakit jantung namun tidak dapat mengonsumsi obat-obatan yang memiliki penghambat denyut jantung, karena biasanya orang yang menggunakan obat ini mempunyai masalah paru-paru. Obat ini memiliki fungsi yang sama dengan Beta Blokers yaitu mengurangi beban jantung dan memperlambat denyutnya.

Ranolazine

Obat ini berfungsi dapat membuat otot jantung menjadi lebih rileks sehingga beban jantung berkurang, namun obat ini tidak mempengaruhi laju denyut jantung jadi obat ini sangat cocok untuk pengidap penyakit gagal jantung dan orang yang memiliki denyut jantung yang tidak biasa.

Obat Penghambat Enzim

Obat ini berfungsi sebagai penghambat aktivitas hormon Angontesin sehingga dapat melancarkan aliran darah yang menuju ke jantung.

Diuretik

Obat ini dapat mengeluarkan air dan garam yang berlebih di dalam tubuh caranya, dengan melalui urine sehingga akan terbuang dengan urine tersebut.

Selain obat-obatan pengobatan penyakit jantung dapat di lakukan dengan cara operasi, ini di lakukan sebagai langkah penanganan medis jika penyakit tersebut sudah semakin parah.

Selain itu operasi jantung ini di lakukan kepada orang yang mengalami serangan jantung, karena seperti kita ketahui serangan jantung adalah pembunuh terbanyak yang sering di alami manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here