Pakmailsantarosa.com, Jantung merupakan organ berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Jantung ini terletak di rongga dada. Ukuran jantung sekitar  300gram jantung dalam sistem sirkulasi berfungsi sebagai pompa darah.

Lantas mengapa kebanyakan orang menderita serangan jantung? Jantung merupakan organ penting di dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Banyak yang belum mengetahui penyebab serangan jantung, sehingga banyak nyawa tak tertolong karena minimnya pengetahuan mengenai penyebab serta langkah awal penanganannya jika terkenaserangan jantung.

Penyakit jantung adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung mengalami kerusakan. Tumpukan kolesterol pada pembuluh darah serta proses peradangan diduga menjadi penyebab penyakit ini.

Ketika terjadi penumpukan kolesterol pembuluh darah koroner akan menyempit sehingga aliran darah dan suplai oksigen menuju jantung pun akan terhambat.

Kurangnya aliran darah ini akan menyebabkan rasa nyeri pada dada dan sesak nafas, hingga suatu saat terjadi hambatan total pada aliran darah menuju jantung atau yang disebut juga serangan jantung. Penyakit jantung koroner termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Lantas apa penyebab serangan jantung tersebut?

  1. Kolesterol yang tinggi
Gejala Awal Penyakit Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi menyebabkan lemak menumpuk di pembuluh darah koroner, sehingga menyebabkan darah sulit mengalir ke berbagai organ, termasuk jantung. Hal ini disebabkan oleh konsumsi makanan yang berkolesterol tinggi yang tak terkontrol.

  1. Merokok
Hindari Merokok
Merokok

Merokok, baik secara pasif atau aktif, mempengaruhi pembuluh darah yang mengantarkan darah ke jantung dan organ tubuh yang lain.

Merokok juga mengurangi jumlah oksigen dalam darah, merusak dinding pembuluh darah, serta membuat sel darah menjadi menempel satu sama lain, akibatnya darah darah mengalir lebih lambat sehingga penyumbatan menjadi lebih mudah terjadi. Itu sebabnya merokok meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

  1. Tekanan darah tinggi
Penyebab Serangan Jantung Adalah Tekanan Darah Tinggi
Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi akan membuat jantung bekerja lebih keras, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, penyebab hipertensi tidak jauh berbeda dengan penyebab penyakit jantung, yaitu keturunan, konsumsi alkohol, kurang nya olahraga dan lain sebagainya.

  1. Berat badan berlebihan atau obesitas
Penyebab Serangan Jantung Adalah Obesitas
Obesitas

Obesitas atau berat badan berlebih juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Batasan yang paling sering digunakan adalah Body Mass Indeks (BMI). Nilai BMI antara 1.5-24.9 pada orang dewasa dianggap  berat badan yang normal, sedangkan nilai 25-29.9 dianggap berat badan berlebih. Sedangkan nilai BMI lebih dari 20 dianggap obesitas.

  1. Stres dan depresi
Penyebab Penyakit Jantung Adalah Depresi
Depresi

Stres dan depresi sangat berpotensi menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga meningkatkan tekanan darah dan memperbesar risiko serangan jantung. Sedangkan orang mengalami depresi memiliki risiko 2-3 kali lebih besar untuk mengalami penyakit jantung koroner dibandingkan yang tidak mengalami depresi.

  1. Diabetes
Penyebab Serangan Jantung Adalah Diabetes
Diabetes

Hampir sama dengan kolesterol. Diabetes disebabkan karena kadar gula darah berlebih. Situasi ini bisa menyebabkan timbulnya penyumbatan pada arteri koroner sehingga menghambat aliran darah ke jantung. Hindari atau kurangi makanan yang berkadar gula tinggi untuk terhindar dari diabetes.

  1. Kurang olahraga

Gerak atau aktifitas fisik, termasuk olahraga merupakan salah satu usaha yang bisa Kamu lakukan untuk menjaga keseimbangan kalori gula dan kolesterol dalam tubuh. Jika jumlah gula dan kolesterol y masuk dalam tubuh Kamu terlalu banyak dan tidak diimbangi dengan aktifitas fisik, maka bisa dipastikan terjadi penyumbatan pembuluh darah.

  1. Riwayat keturunan penyakit jantung atau faktor genetik

Jika Kamu mempunyai keluarga yang menderita penyakit jantung, maka Kamu mempunyai kemungkinan yang lebih besar menderita penyakit jantung dari pada orang yang tidak mempunyai riwayat keluarga penyakit jantung. Faktor ini tidak bisa Kamu hindari, namun Kamu bisa mengobatinya secara alami.

Kamu bisa menghindari penyakit jantung ini dengan cara berikut ini:

  • Tidur teratur

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh harvard menyebutkan bahwa 7000 wanita yang mengikuti tes untuk tidur kurang dari 7am memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi.

Para ilmuan tersebut berspekulasi bahwa faktor yang mempengaruhinya berkenaan dengan peningkatan tekanan darah, peningkatan hormon stres dan pengaruh kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu jika Kamu ingin mencegah penyakit jantung secara alami, sudah sepantasnya Kamu tidur dengan lebih awal dan mencukupi.

  • Banyak mengonsumsi ikan

Ada banyak cara mengolah ikan menjadi makanan yang lezat, oleh sebabnya tidak ada alasan lagi bagi Kamu untuk tidak suka ikan. Wanita yang mengonsumsi ikan setiap minggunya memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih kecil atau memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung lebih sedikit dibanding yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Bahkan dalam studi lainnya disebutkan bahwa mengonsumsi ikan secara teratur mampu mengurangi risiko terjadinya detak jantung tak beraturan dan fibrilasi atrium yang menjadi salah satu penyebab kematian secara mendadak.

  • Konsumsi makanan sereal kaya serat

Cara mencegah penyakit jantung secara alami lainnya yang dapat Kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi sereal berserat tinggi minimal empat kali dalam seminggu. Wanita yang mengkonsumsi makanan berserat sebanyak 23 gram setiap hari memiliki risiko terkena serangan jantung 23 persen lebih kecil dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi 11 gram ataupun yang tak mengonsumsi sama sekali.

Faktor risiko terkena serangan jantung bisa dihindari sedini mungkin dengan memulai hidup sehat dengan melakukan berbagai kegiatan dan pola makan yang sehat, sekian ulasan mengenai penyebab serangan jantung yang bisa kami berikan untuk Kamu dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here