pakmailsantarosa.com, Penyakit diabetes melitus adalah salah satu penyakit yang paling banyak di derita oleh orang-orang di dunia, sekaligus menjadi pembunuh nomor 3 di dunia dan tertinggi di Indonesia. Seperti yang banyak kita tahu, penyakit diabetes melitus adalah penyakit yang di sebabkan oleh tingginya kadar gula pada tubuh, hal ini di akibatkan oleh insulin yang terganggu pada tubuh manusia.

Insulin adalah hormon yang di produksi oleh organ tubuh pankreas, yang berperan penting dalam mengatur kadar gula dalam tubuh manusia. Biasanya orang yang mengidap Diabetes akan mudah di ketahui dari air seni, air seni pada penderita diabetes akan memiliki kandungan gula berlebih atau sering di sebut juga kencing  manis.

Orang yang sedang menderita penyakit diabetes melitus, tubuhnya tidak akan merespons dan memproduksi hormon insulin yang di hasilkan oleh pankreas. Sehingga tubuh tidak akan dapat mengubah glukosa menjadi sumber energi untuk sel dalam tubuh, ini menyebabkan tubuh akan merasakan rasa lapar berlebih dan haus.

Jika sudah seperti itu penderitanya akan terus merasa lapar dan konsumsi karbohidrat akan berlebih, karbohidrat mengandung banyak glukosa sehingga jika terlalu berlebihan di konsumsi akan terjadi penumpukan glukosa.

Itulah kondisi di mana penyakit ini di sebut diabetes melitus atau kencing manis, dan biasanya sebagian orang tidak menyadari jika sudah terkena penyakit tersebut. Berikut ini adalah faktor dan penyebab mengapa orang dapat mengidap penyakit diabetes melitus.

Faktor Keturunan

Biasanya orang yang memiliki penyakit diabetes melitus berisiko pada keturunan, orang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes akan mudah terkena penyakit ini. Namun kemungkinan seseorang terkena penyakit ini dapat di perkecil dengan gaya hidup yang sehat, serta tidak mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak

Pola Makan Yang Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat juga menjadi penyebab dari penyakit diabetes melitus, biasanya orang-orang yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih menjadi penyebab utamanya. Selain makanan yang mengandung gula berlebih, ada makanan lain yang dapat menyebabkan orang terkena diabetes melitus. Yaitu orang yang sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi dan berkolesterol tinggi, sehingga orang-orang yang sering memakan makanan tersebut akan memicu risiko Obesitas.

Kegemukan

Kegemukan menjadi salah satu faktor yang dapat menjadikan orang tersebut terkena diabetes melitus, kegemukan tersebut adalah lanjutan dari orang yang memiliki pola makan yang tidak sehat. Orang yang mengalami kegemukan atau obesitas, cenderung dapat mudah terkena penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan oleh sel-sel lemak pada orang yang mengidap obesitas, sulit untuk  merespon hormon insulin dengan benar.

Kurang Melakukan Aktivitas Fisik

Orang yang kurang berolahraga dan melakukan aktivitas fisik, akan berisiko terkena penyakit diabetes lebih tinggi. Jika tubuh kurang bergerak dan beraktivitas, tubuh akan menjadi kurang sehat dan berisiko terkena berbagai penyakit di antaranya adalah penyakit diabetes melitus.

Infeksi Pada Kelenjar Pankreas

Infeksi pada pankreas dapat menjadi penyebab orang terkena diabetes melitus, seperti kita tahu hormon insulin  adalah hormon yang mengatur kadar gula dalam tubuh. Jika pankreas mengalami infeksi dan terganggu, hal ini tentu saja akan mengakibatkan orang tersebut berisiko terkena diabetes melitus.

Sebenarnya ada faktor lain yang dapat menyebabkan orang terkena penyakit diabetes melitus dengan mudah, yang pertama adalah usia dan yang kedua adalah jenis kelamin. Namun ke dua faktor tersebut dapat dihindari dengan pola hidup yang sehat, serta menghindari mengonsumsi makanan gula berlebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here