Pakmailsantarsa.com, Menjalin hubungan hingga ke jenjang pernikahan adalah impian setiap pasangan, namun sebelum itu kamu perlu mengetahui beberapa persiapan sebelum pernikahan salah satunya adalah cek kesehatan sebelum menikah.

Cek kesehatan sebelum pernikahan ini memang di perlukan karena di dalam pernikahan ada dua orang manusia yang akan menyatu baik lahir maupun batin, pernikahan itu sendiri menyatukan ikatan cinta secara syah sedangkan yang lainya adalah aktivitas seksual.

Aktivitas seksual dalam pernikahan adalah hal yang wajar dan memang salah satu elemen yang wajib, karena jika kita ingin memiliki momongan semua tergantung dari aktivitas seksual tersebut.

Tes kesehatan sebelum menikah ini berguna untuk menghindari penularan penyakit dari masing-masing pasangan yang dapat membahayakan pasangan itu sendiri dan calon bayi atau janin ketika masih di dalam kandungan.

Pentingnya Pengecekan Sebelum Menikah
Pentingnya Pengecekan Sebelum Menikah

Untuk itu tidak ada salahnya jika kita mengetahui tes apa saja yang biasanya di lakukan menjelang pernikahan ini, yuk simak baik-baik di bawah ini.

Tes Kesehatan Untuk Kehamilan

Tes yang pertama adalah menyangkut kesehatan seputar rahim dan kehamilan, ini tentu perlu di perhatikan karena dapat menjamin kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Biasanya hal ini di perlukan untuk persyaratan surat kesehatan yang akan di berikan ke KUA, dan dapat di lakukan di puskesmas atau klinik yang menyediakan tes kehamilan dengan metode Urine.

Tes Kesehatan Umum

Selanjutnya tentu saja tes kesehatan umum dengan menyeluruh meliputi tes Gizi seperti berat badan, tinggi badan dan tensi darah. Kemudian tes alat reproduksi seperti mengetahui siklus menstruasi, apakah menstruasi tersebut normal dan mengetahui kapan terakhir menstruasi.

Namun ada juga beberapa yang mengharuskan tes yang lain seperti tes kesehatan gigi dan mulut.

Tes Penyakit Seksual Menular

Tes yang tak kalah penting adalah tes kesehatan seksual, hal ini sangat penting karena menyangkut aktivitas seksual yang akan sering di lakukan pasangan menikah. Tes ini untuk mendeteksi penyakit menular dari pasangan masing-masing sebelum menikah karena perlu diketahui.

Penyakit menular yang di akibatkan aktivitas seksual ini sangat berbahaya baik terhadap pasangan itu sendiri dan calon bayi yang sedang di kandung. Karena ada peneliti mengatakan bahwa penyakit kelamin dapat di tularkan kepada janin di dalam kandungan.

Tes HIV

Mungkin semua orang juga tahu betapa ganasnya virus HIV ini oleh karena itu tes HIV sangat penting di lakukan sebelum pernikahan, hal ini bersangkutan dengan aktivitas seksual pasangan suami istri kelak.

Karena seperti kita ketahui virus HIV dan AIDS dapat menular dengan beberapa cara seperti aktivitas seksual dan transfusi darah.

Tes Golongan Darah Rhesus

Tes ini bertujuan agar kejelasan golongan darah dari masing-masing pasangan di ketahui dengan pasti, tentu saja ini dapat memberikan kemudahan pada pasangan jika suatu saat memerlukan transfusi darah.

Selain itu tes ini bertujuan untuk mengetahui kecocokan Rhesus darah dari masing-masing pasangan sebelum menikah, hal ini penting karena kecocokan Rhesus dapat mempengaruhi kesehatan janin di dalam kandungan.

Tes Hepatitis B

Cek kesehatan sebelum menikah selanjutnya adalah tes Hepatitis B, hal ini di lakukan karena penyakit ini di ketahui dapat menular. Penyakit Hepatitis B akan menyerah hati dan sangat sulit di obati dan dapat menular, maka tes ini di perlukan untuk mengetahui apakah ada pasangan yang mengidap penyakit tersebut.

Tes Glukosa

Untuk mempersiapkan masa depan buah hati alangkah baiknya mencegah penyakit yang dapat di turunkan seperti penyakit Diabetes, penyakit yang di sebabkan karena adanya kadar gula yang tinggi di dalam tubuh.

Untuk itu kamu perlu melakukan tes ini untuk mengantisipasi menurunkan penyakit menular pada calon buah hati.

Tes Psikologi

Cek kesehatan lainya yang tidak kalah penting adalah tes psikologi, sedikit berbeda dengan tes psikologi lainya tes ini bertujuan untuk mengetahui seberapa siap pasangan dalam menjalani pernikahan dan membangun keluarga.

Karena membangun keluarga itu tidak mudah perlu mental yang kuat dan rasa sabar yang tinggi untuk menghadapi masalah-masalah rumah tangga kelak.

Pemeriksaan TORCH

Tes yang terakhir adalah tes yang berhubungan dengan kesehatan organ reproduksi wanita,

Ini penting karena organ kesehatan wanita rentan terkena beberapa  penyakit. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kekebalan wanita dari paparan Toxoplasma, Cytomegalovirus, Herpes Simplex dan Rubella yang dapat membahayakan kehamilan.

Hal tersebut dapat mengancam janin di dalam bayi seperti keguguran, prematur dan kelainan pada janin, jika hal tersebut tidak terdeteksi selama kehamilan dan 4 bulan sebelum mengandung.

Nah itu dia cek kesehatan sebelum menikah yang meliputi beberapa tes yang ada, jadi jika kamu berencana ingin menikah kamu harus mengetahui beberapa pengetahuan tentang tes di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here