Pakmailsantarosa.com, Suhu tubuh memang bisa dijadikan sebagai indikasi pertama kondisi kesehatan, tentunya banyak juga yang sudah tidak asing lagi dengan hal ini, mengingat sebuah gejala penyakit bisa ditandai dari derajat suhu tubuh yang tidak normal.

Misalnya saja dalam kondisi terlalu tinggi atau dikatakan sebagai demam, bisa juga sebaliknya ketika suhu ada di bawah normal. Inilah tolak ukur pertama untuk mendeteksi penyakit yang menyerang dalam tubuh. Untuk itu wajib selalu sedia Termometer di rumah, alat yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh.

Bayi sedang di cek menggunakan termometer..

Alat yang satu ini termasuk dalam sebuah sarana kesehatan yang memang wajib ada bagi siapa saja, karena kebutuhannya sangat penting, sehingga bisa dengan mudah membelinya di apotek-apotek terdekat.

Mengingat banyak dijual belikan dan juga aman artinya bebas bagi siapa saja untuk membelinya tanpa melewati berbagai macam resep atau yang lainnya, seri yang bisa ditemukan sendiri juga sangat banyak, yaitu yang digital maupun manual, berbeda produk maka akan berbeda pula cara menggunakannya.

Berbagai macam Termometer lucu untuk bayi.

Umumnya sarana yang satu ini tak hanya bisa digunakan untuk orang dewasa saja, melainkan lebih banyak dipakai untuk bayi yang memang sangat mudah terserang penyakit. Berikut ini setidaknya ada beberapa cara mudah untuk mengecek suhu tubuh bayi Kamu menggunakan Termometer agar tidak salah pakai, diantaranya adalah:

Ukur Melalui Mulut

Cara paling mudah dan juga sangat sering dilakukan adalah menggunakan mulut, caranya yaitu cukup dengan meminta si kecil mengemut bagian ujung alat pengukur suhu tersebut hingga beberapa menit.

Nantinya secara langsung akan didapatkan hasil akuratnya, baik itu dalam bentuk angka untuk digital, atau pada jenis yang manual maka harus dibaca terlebih dahulu. Paling praktis dan juga mudah.

Cek Melalui Ketiak

Bagian tubuh lainnya yang juga efektif dan akurat dalam mendeteksi suhu tubuh ini adalah ketiak buah hati, caranya sama dengan pemakaian melalui mulut, biasanya pada bagian ujung dari alat tersebut akan dikempit di dalam ketiak selama beberapa waktu.

Sehingga nantinya bisa didapatkan suhu tubuh tersebut, cara ini yang paling mudah dan banyak dijadikan sebagai pilihan oleh para orang tua.

Mengukur Melalui Telinga

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan pengecekan lewat mulut atau ketiak karena mereka terlalu rewel, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah melalui bagian telinga ini. Umumnya bagian pengecek suhu akan dimasukkan ke lubang telinga, namun tidak terlalu dalam.

Sehingga tidak akan membahayakan buah hati, namun kelemahan pengecekan pada bagian yang satu ini adalah kotoran telinga. Mengingat bagian tersebut bisa menjadi pemicu hasil bacaan dari suhu menjadi tidak akurat, sehingga harus benar-benar dilakukan pada telinga yang bersih.

Melihatnya Dari Dubur

Cara ini terbilang cukup ekstrim, namun ternyata rektum juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mengecek suhu tubuh, meskipun jarang dilakukan oleh kebanyakan orang, karena menganggap bagian tersebut paling kotor.

Pada beberapa kondisi biasanya bayi juga akan langsung buang air besar, karena ada rangsangan dari luar pada dubur mereka, jadi harus berhati-hati.

Itulah beberapa cara mudah menggunakan Termometer untuk mengecek suhu tubuh bayi kamu, sediakan setidaknya satu buah alat pengukur suhu tubuh ini di rumah, untuk mendiagnosa jika buah hati atau bahkan diri sendiri terserang penyakit, paling tidak langkah pertolongan pertama ini akan memberikan pencegahan agar penyakit tidak semakin parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here