pakmailsantarosa.com, Remaja juga bisa terkena stroke. Penyebab stroke remaja ada beragam. Penyakit ini tidak memandang batas usia dan jenis kelamin. Selama ini kita berfikir bahwa diagnosa ini hanya untuk orang-orang berusia lanjut saja.

Stroke biasanya menyerang pada orang dewasa dan diatas usia 65 tahun. Remaja yang memiliki penyakit ini berarti ada permasalahan pada sel darah bekunya. Diantaranya

Anemia Sel Sabit

Anemia sel sabit adalah penyakit turunan yang berakibat pergumpalan darah disebabka proses ‘sickling’ atau perubahan sel-sel darah merah dalam menanggapi stres fisik sperti infeksi.

Kelainan Pembuluh Darah Bawaan

aneurisma otak dan malformasi arteri adalah contoh dari kealainan pembuluh darah bawaan. Bisa menyebabkan gumpalan darah, berdampak pada stroke iskemik. Setelah sel darah bisa pecah, maka akan meninmbulkan stroke hemoragik.

Penyakit Jantung atau Malformasi Jantung

Berakibat detak jantung yang tidak teratur, seranan jantung dan malah fungsi jantung lainnya, yang akhirnya bisa menyebabkan stroke. Penyakit jantung bawaan bisa dideteksi pada usia dini. Sejak sekarang kita harus rajin memeriksa dan mendeteksi masalah kesehatan kita.

Hipertensi

Pada masalah medis, remaja yang mengalai hipertensi biasanya mengalami ketidakseimbangan hormon. Hipertensi yang terlalu tinggi dan tidak bisa disembukan dapat memicu stroke dan penyakit jantung lainnya.

Infeksi

Penyebab dari infeksi berat, dapat menganggu sistem kekebalan tubuh dan sel-sel darah. Penggumapalan darah akan terjadi. Hal ini bisa menyebakan stroke. Imunisasi adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari penyakit ini.

Migrain

Remaja yang sering mengalai stroke cenderung mengalami tingkat stroke sedikit lebih tinggi. Untuk itu, harus cek ke rumah sakit untuk memastikan apakah migrain tersebut tergolong migrain yang ringan atau bisa menjadi pemicu stroke

Kolestrol Tinggi

Umumnya tidak terjadi kepada remaja. Tetapi ada beberapa gangguan bawaan yang bisa meningkatkan kolestrol tinggi. Penyakit jantung serta penyakit serebrovaskular, membuat tingkat kolestrol semakin tinggi.

Obat-obatan

Mengkonsumsi rokok, meminum minuman berenergi, memakai narkoba dan pil kafein merupakan faktor resiko besar terjadinya stroke.

Itulah beberapa penyebab stroke pada remaja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here